Minggu, 24 Oktober 2010

Muhammad Djudul: Baubau Tuan Rumah Arung Sejarah Bahari

BAUBAU-Sejalan dengan pemantapan Kota Baubau sebagai Kota Budaya dan Pariwisata, tahun 2011, Baubau akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan arung sejarah bahari. Pesertanya adalah mahasiswa sejarah seluruh Indonesia.

"Jadi tekhnisnya mahasiswa sejarah seluruh Indonesia akan berkumpul di Jakarta, dikoordinir Mentri Budaya dan Pariwisata, lalu menuju Baubau dengan menggunakan pesawat terbang," ujar Kadis Budaya dan Pariwisata Kota Baubau Muhammad Djudul MSi, Rabu (20/10).

Di Baubau, lanjut Djudul, para mahasiswa itu bergabung dengan mahasiswa yang ada di Baubau dan Sultra untuk melakukan seminar budaya, melihat obyek-obyek wisata, dan meninjau peninggalan sejarah.

"Mereka di Baubau selama lima hari. Sebagai tusn rumah, kita akan menyediakan paket-paket wisata dan bahari yang akan mereka kunjungi. Kita yang siapkan karena Baubau sebagai pusat kegiatan," ujarnya.

Demi suksesnya acara yang dimaksud, Djudul saat ini menjalin koordinasi dengan beberapa daerah di Sultra untuk mengakomodir paket wisata yang akan dikunjungi peserta arung sejarah bahari.

Setelah melakukan kegiatan di Baubau, lalu mereka akan menuju ke Buton untuk melihat secara langsung taman nasional Labundo-bundo, lalu ke Wakatobi untuk melakukan diving dan melihat peninggalan sejarah, dan ke kabupaten Muna untuk melihat gua yang di dalamnya terdapat gambar kuda yang sedang berkelahi.

"Harusnya sejak tahun 2009 ajang sudah terlaksana di Baubau. Hanya saja waktu ada kendala. Sehingga kegiatan ini dilaksanakan di Kupang. Nanti 2011 Baubau kembali dipercaya menjadi tuan rumah, pelaksanaannya bulan Mei," terang Djudul.

Pihak Pemkot, kata Djudul, mengaku mampu melaksanakan iven berskala nasional itu, karena hal itu sejalan dengan pemikiran Walikota Baubau HMZ Amirul Tamim MSi. Kata Djudul, walikota mencanangkan tahun 2011 merupakan pemantapan Baubau sebagai kota pariwisata.

"Artinya, tahun 2011 Baubau telah mantap dalam segala hal, yaitu mantap obyeknya, mantap fasilitasnya, dan mantap promosinya," ucap Djudul. (ard)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar