Minggu, 24 Oktober 2010

Puskesmas Diusulkan Terpisah dengan Dinkes

BAUBAU-Pada bidang kesehatan, Rapat kerja DPRD dengan pemerintah yang membahas soal pelaksanaan Anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2009, anggota DPRD menyarankan agar manajemen pusat kesehatan masyrakat (Puskesmas) dipisahkan dari manajemen Dinas Kesehatan.

"Agar pelayanan di tingkat Puskesmas bisa optimal maka saya sarankan Puskesmas sebaiknya dijadikan satuan perangkat kerja daerah (SKPD) tersendiri, terpisah dari Dinas Kesehatan Kota Baubau" ujar anggota DPRD Baubau Abdul Munafi MSi, ketika berlangsung pembahasan Raperda pelaksanaan APBD 2009, Sabtu (2/10).

Katanya, bila Puskesmas sebagai garda terdepan pelayanan kesehatan diberi kepercayaan mengelola sendiri anggarannya, maka pelayanan kesehatan bisa optimal. Menurut Munafi, Puskesmas yang sudah otonom mengelola anggaran sendiri bukan hal baru dinegeri ini. Karena hasil kajian antar daerah (KAD) DPRD Baubau pertengahan Juli 2010 di Medan, Puskesmas otonom sudah diberlakukan di sana.

"Hasilnya masyarakat merasakan dampak positif dari pelayanan yang diberikan oleh tenaga kesehatan di instansi itu," ucapnya.

Disisi lain, lanjut Munafi, bila Puskesmas Otonom, dokter akan mendapatkan tambahan penghasilan, sebab bila melakukan praktek di Puskesmas maka SKPD yang bersangkutan akan memberikan intensif khusus.

Usulan anggota DPRD itu, dijawab tim anggaran pemerintah yang diketuai Arif Rais bahwa masukan itu akan menjadi catatan pihak Pemkot untuk di kaji lebih jauh kedepan.

Walikota Baubau HMZ Amirul Tamim MSi mengatakan, pihaknya sebenarnya sudah menyerahkan pengelolaan keuangan secara otonom kepada pihak Puskesmas. Kalau pun ada usulan dari anggota DPRD untuk menjadikan SKPD tersendiri terlepas dari Dinkes yang didasarkan pada hasil KAD yang dilihat dari beberapa daerah, hal itu masih menjadi kajian.

"Intinya Puskesmas sejauh ini sebenarnya sudah diberi kewenangan mengelola keuangan sendiri," ujarnya, ketika menghadiri pandangann akhir fraksi pada pembahasan rancangan peraturan daerah (Raperda) APBD 2009, Sabtu malam (2/10).(ard)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar